“NIGERSAURUS”, Dinosaurus yang aneh…

DINOSAURUS, satwa yang pernah hidup jutaan tahun lampau, memang menarik. jenisnya pun sangat banyak dan kini koleksi dinosaurus kita bertambah dengan satu jenis dinosaurus yang aneh. Hmm… hal aneh apa sech yang ada pada dinosaurus ini?

REPTIL dari NIGERIA

Nama lengkap dinosaurus ini adalah Nigersaurus Taqueti. Nama ini di pilh untuk menghormati negara tempat dinosaurus itu di temukan, Nigeria. sedangkan Taqueti, paleontologis asal prancis penemu tulang Nigersaurus pada tahun 1950-an. ia menemukan tulang pertama Nigersaurus di Gadoufaona, Nigeria. pada saat itu jenis Dinosaurus ini belum punya nama.

beberapa tahun kemudian, pekerjaan taqueti di lanjutkan tim peneliti yang di pimpin paul sereno, paleontologis dari Universitas Chicago, Amerka Serikat.

panjang tubuh Nigersaurus dewasa sekitar 9m. tinggi pinggulnya 2,5m, bobotnya di perkirakan 1.800 kg. ada hal ganjil pada tulang Nigersaurus. beberapa tulang kepalanya sangat tipis hingga bisa tembus cahaya. beberapa tulang lainya ringan dan cenderung rapuh. ternyata tulang-tulang tersebut mampu menopang tubuh Nigersaurus yang besar dan berat. Aneh, tapi menkjubkan!

Ada lagi keanehan Nigersaurus yyang tak kalah menarik. coba lihat mulutnya. bagian moncong tampak lebar, lebih lebar di banding bagian belakang kepalanya. hal itu menjadikan bentuk kepala Nigersaurus unik dan tidak lazim.

Tak kalah aneh adalah giginya. dengan rahang bertepi persegi, gigi-gigi Nigersaurus hanya ada di bagian depan, tersusun rapi seperti sisir dan kecil-kecil.

Untuk menguak rahasia lain yang ada di kepala Nigersaurus, para ahli menggunakan sinar-X yang dinamakaan pemindai Tomografi terkomputasi (computed tomography scanner).

Alat ini bekerja seperti mata superman yang bisa melihat sesuatu di balik tembok. Hasilnya mengejutkan. para ahli menemukan gigi-gigi Nigersaurus tersusun bertumpuk seperti baterai senter, jumlahnya sekitar 500 gigi!

Nigersaurus taqueti hidup sekitar 110 juta tahun yang lampau. saat itu gurun sahara merupakan tempat yg subur dan penuh pepohonan, air pun melimpah. sebagai satwa herbivora, Nigersaurus senang menyantap tumbuhan. Vegetasi yang disukanya adalah tumbuhan lunak seperti pinus muda dan rerumputan.

para ahli yakin postur Nigersaurus tidak beda jauh dengan sapi masa kini. Kepalanya selalu mengarah ke tanah, tempat rerumputan tumbuh.

ratusan gigi Nigersaurus bekerja seperti mesin pemotong rumput. namun karena bagian belakang mulutnya tidak bergigi, ia tidak bisa mengunyah. berarti makanannya langsung di telan?

wah..wah.. benar-benar dinosaurus yang aneh!

7 Tanggapan so far »

  1. 1

    naff said,

    aku seneng banget liat dinosaurus
    seneng banget yah kalo dia masih ada sekarang.
    salam kenal
    http://www.kawasah.co.cc

  2. 2

    reatheryan said,

    Dapat darimana sie nie?

    Banyak banget komen kayaknya udah males ya nge-replay?

  3. 3

    tanaman buas said,

    aneh banget yaa..tapi kalo makan rumput tanpa dikunyah..masak bisa sih..

  4. 4

    deetzy said,

    hehehe…

    valent sibuk ya…

  5. 5

    edi said,

    what the fucking idiot animals???

  6. 6

    ecy... said,

    ky-a ak g pcy dech kl da mkhluk yg gi2-a cm dpan doank..mungkin peneliti blm bs temuin gigi yg laen x hahahaha

  7. 7

    Nate_River said,

    He..he.. dinosaurusnya keren banget..

    Tp q jga suka artikelmu tentang vampire sayang kug dikit bgt tambahin lagi dunk..

    Tolong kirim balasan ke krisna_antonius@rocketmail.com


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: