Legenda Kapal Hantu Flying Dutchman.

Kisah Kapal Hantu Flying Dutchman ini merupakan salah satu kisah yang sangat terkenal dan telah melegenda di seluruh dunia . Sudah banyak buku ditulis dengan mengangkat cerita legenda ini, bahkan dalam film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) dan Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) kapal hantu ini juga ikut dimunculkan.

Tapi, entah nyata atau tidaknya kisah ini aku juga belum tahu, atau mungkin masih sama dengan legenda-legenda lainnya yang dianggap hanya sebatas cerita karang/dongeng turun-temurun.

Menurut cerita rakyat, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan, kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup. Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan “The Flying Dutchman on Tappan Sea” oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan . Tetapi sang kapten tidak mau, lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Sumber lain juga menyebutkan munculnya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh dipelabuhan manapun . Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah berlabuh/menepi. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729. Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat – The Phantom Ship dan Richard Wagner opera. Banyak saksi yang mengaku telah melihat kapal hantu ini. Pada tahun 1939 kapal ini terlihat di Mulkzenberg. Pada tahun 1941 seklompok orang di pantai Glencairn menyaksikan kapal berlayar yang tiba – tiba lenyap ketika akan menubruk batu karang. Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942. Bahkan ada suatu catatan kisah tentang pelayaran Christoper Columbus, waktu itu awak kapal Columbus melihat kapal terkatung katung dengan layar mengembang. setelah itu awak yang pertama melihat langsung tewas seketika.

Mitos ahir-ahir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka. Bagi seorang pelaut, pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon, ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut, yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan. Selama berabad – abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini. Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.

Istilah Flying Dutchman juga dipakai untuk julukan beberapa atlet sepakbola, terutama para pemain ternama asal Belanda. Ironisnya, bintang veteran negeri Orange, Dennis Bergkamp justru dikenal sebagai orang yang phobia atau takut untuk terbang, sehingga ia dijuluki The Non-Flying Dutchman. Beberapa Laporan Penampakan The Flysing Dutchman yang sempat didokumentasikan :

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.(dipta)

About these ads

30 Tanggapan so far »

  1. 1

    Thomas kinnison said,

    Wew,ini blog, gw baca ampe ga sadar Low.Bat HP gw…

    ebat ne..
    ck..ck..ck..ck

  2. 2

    valent said,

    @ Thomas Kinninson :
    klo lowbat di cas mas… hehehe..

    makasiy y…

    sering-sering mampir y…

  3. 3

    deetzy said,

    setelah 1990-an masih ada yang nemuin juga ngga ya?

    ato dia udah selese mengarungi 7 samuderanya? hhh…

    iya, seru-seru nih artikelnya valent…

    keren!

  4. 4

    reatheryan said,

    Gak cuma di Pirates of the Carribean tapi juga di Sponge bob Square pants :-)

  5. 5

    valent said,

    @ deetzy :
    kaya na gag ada beritanya dech… klo ada yg melihat kapal flying dutchman setelah tahun 1990-an..
    Terima Kasih.. :)

    @ reatheryan :
    iya bener…:D

  6. 6

    darus said,

    Laut tu memang menakutkan..
    APa lagi di malam hr..

  7. 7

    aswar said,

    serem banget ya! aku jadi takut nich kalau aku naik kapal, kebetulan saya sering naik kapal. jadi takut banget. tapi bener gak sich flyng dutchman itu ada?

  8. 8

    aswar bajank ketejer said,

    cerita yang hebat, serem, dan legendaris banget. pokonya blog ini great! congratulation ya dengan ceritanya…..

  9. 9

    jaya said,

    Fuh…serem ya.
    Aku kira tuh hanya di film Ghost Ship aja.
    Wah bisa2 target tuh setan ke pulau jawa ya..ha5x
    Thx.Salam kenal jg.

  10. 10

    reeee-an said,

    wadoh.
    saiia tertarik ne amm yg begene gene .
    tambah y misteri2 yg laaen.
    Nessie ,,
    Kappa ,,
    yah pokokknya semoah misteri yang masih ngambang .
    Thx y ..

  11. 11

    joe said,

    apakah kapal ini pernah nampak lagi di tahum 2000

  12. 12

    Encha said,

    Wuih… emang bener2 ada nggak sih tuh Flying Dutchman???? Kok nggak ada data ya orang Indonesia or paling nggak Asia yang pernah lihat? Jangan2 ini cuma mitos orang barat aja???

    Btw Lam kenal yah??

  13. 13

    nyoy said,

    wah…. ketawan deh……………

    kalo om gw yg jdi kapten kapalx!!!!!

  14. 14

    Kiky said,

    Ceritanya melegenda bgt…
    Saking terkenal nya, Flying Dutchman juga muncul di kartun Spongebob…

  15. 15

    NaBb FeB said,

    KeReN aBiZZ ArTikeLnya….
    Saiia sampe kagum…

  16. 16

    dimas said,

    trakhir kepal itu terlihat kapa ya pastinya?
    eniwei, artikel ini bagus banget.

  17. 17

    x-1 said,

    Hebat Kang, euy.. dapat info nya… Maju Terus Pantang Mundur (Kuis, hehehe)

  18. 18

    dony said,

    mnta ceritanya davy jhones donk ada hubungannya ngga sama fying dutchmen

  19. 19

    avicena said,

    cuy,,,,blog na g keren,,,,

    g asik ih,,, bneran tuh flying dutchman,,,(bner g c nulizx)

    klo ama ghost ship,,,nyambung g c cuy?

    qt dr angkatan avicena 84 di jogja,,,

    lam kenal yupz,,,,

  20. 20

    avicena said,

    oh ya,,lupa,,,

    papaQ jg prnah liat tuh,,,di tngah laut banda yg ombakx segede gaban,,,

    ada kapal kecil tapix,,,,pke lampu teplok,,,

  21. 21

    Emis said,

    ini kenyataan loch! Aku jg br diceritain. Waktu i2 sktr thn 1970-an, ada seorang nelayan bersama beberapa rombongannya asal maluku. Taulah pekerjaannya nelayn i2 apa kl malam hari. Nah! Sekitar jam 2 mlm gitu, dia udah dpet buanyakk ikan nech, tapi ada seorang anak buahnya melihat kapal gede yah seperti rongsokan gitu, truz model kapalnya i2 udah g modrn alias jadul buanget, n then layarnya juga udah robek-robek. Si anak buah td manggil semua yang ada di kapal. Mereka semua menonton kapal jadul nan kumuh i2. Seketika kapal i2 lngsung menghilang. Tentu aja mereka kaget. Pas subuh sktr jam 4 lewat dikit, terxta ikan hasil tangkapan mereka itu semuanya busuk dan ada juga sisa stengah badan. Mereka tmbh merinding g2. N keesokan harinya, si anak buah yang pertama kali melihat kapa rongsokan i2, meninggal dunia, g tau sebab-musebabnya, tapi para warga bilang i2 krn penyakit yg dikasih2 gitu. But, who knows. Allahu alam deh…

  22. 22

    Chin said,

    bagus cerita na. . . .
    penasaran gw. . .

  23. 24

    Nindah said,

    kEreeeen…………..
    bAnget..

    b’rArtie yAng di SPONGEBOB ntUch beNeran yEwh,
    tApi kok yaNg di SPONGEBOB wArna hAntu nya ijO seCh
    bElumut kAli yAh…
    hAntu nya gAk pErnah mAndi paKe sabUn….
    kWek3x………………..

    bDw…lAm knAl yUph,,,,,,

  24. 25

    nha said,

    greaT ! kaYaknya nyaTa decH… V aQ masiH kuRang perCaya….

  25. 26

    icchha said,

    weehhehe…
    dpat info2 ky gni dimana iahh???
    pnasarand,,, kan lumayan, slaend wat plajarand jg boeat lain2…

  26. 27

    deni said,

    gak pegel Kali Ya?NgeliLingin 7 SaMUdra,aTAu muNgkiN adA piJat rekfleksi graTis?

  27. 28

    natra said,

    wahwah, gak kelar-kelar tu orang pada ngelilingin 7 samudra.. haha. ceritany boleh laah, menarik..

  28. 29

    ferdynand said,

    wow………………???

  29. 30

    Dwipz said,

    Lagi…!

    Lagi…..!


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: